Manajemen Usaha Perjalanan

Just another WordPress.com weblog

Berkah Idul Adha November 18, 2010

Filed under: TOP News — Manajemen Usaha Perjalanan @ 6:26 am

Baru saja, dosen-dosen di program studi Manajemen Usaha Perjalanan memperoleh bingkisan manis dari mahasiswa middle. Makanan khas hari raya kurban, yaitu rendang. Lezaaaattt sekali, apalagi disertakan dengan 2 tabung bambu lemang  yang menambah nikmatnya makan siang kami hari ini. Terimakasih Rabina . . .

Makanan yang diberikan Rabina (nama anak Middle-B MUP, yang berbaik hati berbagi ‘kiriman dari kampungnya’ itu) memberi inspirasi bagi saya untuk memposting tulisan baru di blog MUP ini. Rasanya sudah cukup lama, MUP tidak meng-update info-info terbarunya, kalau tidak salah berita terakhir dari MUP yang di-publish adalah pada saat visitasi BAN-PT.

Saya beri tema tulisan ini ‘berkah idul adha’, karena makanan yang diberi Rabina secara tidak langsung karena pelaksanaan Idul Adha kemarin. ^_^

Idul Adha adalah salah satu perayaan umat Muslim, tapi berkahnya diharapkan tidak terbatas hanya untuk umat Muslim. Semangat berbagi dan berkorban sebagai intisari perayaan idul adha diharapkan akan menjadi pemicu kehidupan harmonis bahkan dengan umat dari agama mana pun.

Tahun ini, perayaan Idul Adha terasa sedikit berbeda dan penuh warna. Beberapa orang merayakannya pada tanggal 16 November 2010, yang lainnya pada tanggal 17 November 2010. Tidak ada salah dari keduanya, asalkan niatnya benar. Yang merayakan tanggal 16 tidak perlu menyalahkan yang merayakan idul adha pada tanggal 17, karena kita percaya bahwa perbedaan pendapat adalah hikmah bukan sumber perpecahan.

Sejarah panjang Idul Adha adalah gambaran ketakwaan manusia kepada Sang Khalik. Diceritakan bahwa Nabi Ibrahim as, rela mengorbankan anak kesayangannya demi menunjukkan kecintaannya pada Allah. Dan Allah membalasnya dengan hal yang tidak disangka-sangka, anak Ibrahim as, Nabi Ismail as diganti  Allah (dengan kekuasaan-Nya) dengan seekor domba, sehingga beliau selamat. Itulah cikal bakal pelaksanaan Idul Adha.

Tergambar nilai rela berkorban yang ditunjukkan oleh Ibrahim as, Ismail as dan Siti Hajar as. Dan balasan yang luar biasa dari Allah atas sikapnya tersebut. Tujuan perayaan Idul Adha adalah untuk menggalakkan hal tersebut. Rela berkorban dan kemauan untuk berguna bagi orang lain adalah sikap yang patut ditiru dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Istilah lain dari kalimat terakhir itu juga berarti kita berusaha untuk berbuat sesuatu bagi orang lain, bukan hanya sekedar berharap orang lain yang akan berbuat sesuatu bagi kita. Saya teringat kalimat sakti yang disampaikan berulang-ulang oleh Kepala Sekolahnya Andrea Hirata dalam Novel Fiksinya yang berjudul ‘laskar pelangi’ yang kurang lebih maknya : berbuat baiklah sebanyak-banyaknya bagi orang lain, jadikanlah diri bermanfaat semaksimal mungkin bagi orang lain.

Kalau sudah membicarakan hal tersebut, jadi teringat pada kalimat yang disampaikan oleh Direktur Akpar Medan, Bpk. Renalmon Hutahean di upacara peringatan hari pahlawan, 10 November 2010 lalu. Beliau sampaikan bahwa salah satu contoh sikap kepahlawanan adalah rela berkorban.

Indikator rela berkorban begitu banyak, salah satu contohnya sikap mahasiswa yang membagi makanannya tadi. Bahkan bukan hanya kepada dosennya, teman-teman sekelasnya juga kecipratan rezekinya. Setiap perayaan memiliki nilai tersendiri yang sayang sekali jika dilewatkan begitu saja tanpa dimaknai. Semoga berkah Idul Adha dengan semangat rela berkorban ini akan membuat program studi MUP kita semakin harmonis, penuh nilai tenggang rasa dan terhindar dari aktivitas negative permusuhan.

Tetap semangat MUP, selamat berprestasi!!!

 

3 Responses to “Berkah Idul Adha”

  1. anyone . . . Says:

    nice blog . . .

  2. hetty MUP Says:

    Selamat Idul Adha bagi yang merayakannya…
    Thanks jg buat Rabina..
    Semoga hari raya ini memberikan inspirasi kepada orang ttg indahnya kebersamaan dan kerukunan..

    d^_^b


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s