Manajemen Usaha Perjalanan

Just another WordPress.com weblog

Welcome Party n Get Together ala MUP Desember 1, 2010

Filed under: Program MUP — Manajemen Usaha Perjalanan @ 3:25 am
Tags:

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

 

 

Our Nature is our Life . . . .

Itulah tema acara welcome party & Get Together (GeTe) yang diselenggarakan oleh Prodi Manajemen Usaha Perjalanan (MUP) Akpar Medan, pada Sabtu, 27 November 2010. Dengan tema tersebut, diharapkan semua unsur di Prodi MUP menyadari pentingnya bersahabat dengan alam dan menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan lingkungan. Di dunia pariwisata sendiri dikenal adanya istilah ecotourism & sustainable tourism, sebuah konsep pariwisata yang berbasis masyarakat local dan lingkungan yang pada akhirnya akan melanggengkan keberlangsungan aktivitas pariwisata itu sendiri.

Agar lebih meresapi tema acara, seluruh mahasiswa MUP yang mengikuti acara Welcome Party & GeTe, diwajibkan menggunakan baju yang bernuansa hijau. Menurut ketua panitia, M. Khadry (Mahasiswa MUp III/IIIA), hijau merupakan warna yang paling pas untuk disandingkan dengan tema acara, karena hijau selaras dengan warna dedaunan yang merupakan warna mayoritas ketika kita membayangkan alam yang permai.

Sedikit kendala dihadapi di awal acara, karena hujan deras yang tidak kunjung berhenti. Disebut kendala karena hampir keseluruhan rangkaian acara Welcome Party dan GeTe  dirancang untuk diselenggarakan di lapangan terbuka (outdoor). Namun dengan cerdasnya, panitia mengubah susunan acara, sehingga hal tersebut tidak mengurangi sedikit pun kegembiraan peserta. Sambil menunggu hujan reda, diselenggarakanlah parade mahasiswa basic untuk lebih mengenal mahasiswa-mahasiswa pendatang baru di Prodi MUP. Satu per satu mahasiswa basic diminta untuk tampil dan  bergaya ala model di panggung dadakan.  Walaupun kurang sesuai dengan rencana, namun parade mahasiswa basic ini menjadi warming-up acara dan menambah antusias setiap individu untuk menyaksikan acara Welcome Party dan GeTe ini sampai selesai.

Setelah parade mahasiswa basic, acara dilanjutkan dengan rangkaian acara semi formal, yaitu pembukaan acara Welcome Party & GeTe. Dimulai dengan kata sambutan Ketua Panitia, yang menghimbau agar tema acara kali ini benar-benar dijiwai karena alam bukan hanya sesuatu untuk dimanfaatkan saja, namun juga untuk diberdayakan. Dilanjutkan dengan kata sambutan dari Ibu Hetty Claudia Nainggolan selaku Kaprodi MUP yang meyakinkan semua peserta bahwa acara Welcome Party dan GeTe ini akan tetap berjalan baik, walaupun hujan di luar sana turun dengan derasnya, karena panitia yang meng-handle acara ini merupakan mahasiswa terpilih dan kandidat terbaik EO professional. Terakhir, sebagai simbolisasi pembukaan acara, diadakan penyematan Pin Kebanggaan MUP kepada beberapa orang mahasiswa.

Oiya, menyinggung masalah PIN Kebanggaan MUP, PIN ini dirancang sedemikian rupa agar tidak hanya indah dan eye-catching, tapi juga bermakna. Ada 2 kaki pada salah satu bagian PIN yang menjadi symbol ‘perjalanan’, karena seluruh mahasiswa MUP nantinya diharapkan mampu dan kompeten bergerak  di usaha perjalanan wisata ini, baik menjadi guide, tour planner maupun ticketing/reservation officer. Warna Oranye yang merupakan dasar dan mayoritas warna pada PIN merupakan warna symbol MUP di civitas AKPAR Medan. Oranye merupakan  warna yang sangat cerah, membangkitkan semangat, fresh dan natural.  Oranye juga representasi dari warna yang enerjik, aktif, kreativitas, antusias dan kebahagiaan. Warna-warna lain yang ada pada PIN ini membentuk rangkaian kata : ‘T n T, Tours and Travel’ yang terdiri atas warna Merah, Kuning, Hijau, Abu-abu dan Hitam. Keseluruhan warna itu merupakan  representasi dari  perjuangan, keberanian, spontanitas, toleransi, ketabahan, kesegaran, harapan, kekuatan dan keanggunan.

Well, tidak lama kemudian cuaca menjadi bersahabat. Hujan yang deras mulai reda dan berhenti dengan sempurna. Acara welcome party dan GeTe pun dilanjutkan di halaman MUP.

No Bullying!!!

Fokus acara Welcome Party dan GeTe ini adalah menumbuhkan kebersamaan antar mahasiswa, sehingga mereka merasa nyaman bergaul dengan abang/kakak kelas, sesama angkatan dan adik-adik kelasnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, maka tidak diperkenankan ada bullying. Yang ada hanya kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti bernyanyi, menari, games dan kabaret.

Tarian yang ditampilkan ada 2 macam, yaitu tari tradisional dan modern dance. Tari tradisional dibawakan oleh anak-anak Middle yang menggambarkan kehidupan keseharian suku Batak, sebagai suku mayoritas di Sumatera Utara ini. Sedangkan Modern Dance dibawakan oleh anak-anak basic dengan pakaiannya yang merah menyala dipadukan dengan warna hitam. Kedua atraksi ini sangat memukau, karena terdapat beberapa aksi yang mengundang gelak tawa dan membuat penonton menahan napas.

Games yang dilakukan beragam dan tak kalah menghibur. Games dimulai dengan pertandingan yel-yel, lalu aksi mengikat ember dengan tali di pergelangan kaki dan games make-up dengan mata tertutup. Setiap kelompok dinilai pada setiap sesi oleh tim juri dan diberikan penghargaan bagi 3 kelompok yang memperoleh nilai tertinggi di akhir acara.  Tim juri terdiri atas Ibu Hetty, bu Liyush dan Pak Naryo.

Untuk acara bernyanyi, hampir setiap orang tidak mau ketinggalan peranannya. Ada yang bernyanyi, menari dan mengambil gambar.  Tarian missal tidak pernah ketinggalan jika nyanyiannya mendukung.  Berkali-kali rombongan mahasiswa, baik basic, middle dan upper menari bersama di panggung dan di halaman panggung dengan senyum dan keakraban.

Ada 1 lagi penampilan keren yang dibawakan oleh mahasiswa basic pada acara Welcome Party dan GeTe, yaitu kabaret dengan judul ‘aku dan Sang Pencipta’. Kabaret ini merupakan sindiran atas kehidupan manusia yang kadang gamang dan mudah terpengaruh atas lingkungan. Kabaret ini juga menggambarkan pertentangan kebaikan dan keburukan yang setiap saat ada, dimana manusia sendiri memiliki fitrah untuk berada di jalan yang benar, sesuai dengan petunjuk Sang Penciptanya.

Tidak sampai disana saja, acara puncak Welcome Party &  GeTe ini adalah acara barbecue ayam dan makan malam bersama. Seksi konsumsi siap siaga melayani mahasiswa  dan dosen pada sesi ini. Ada potongan ayam gurih yang telah dibakar, nasi hangat, sambal kecap yang muantap diiringi potongan semangka dan sirup merah. Hmmm yummmyyyy . . . . Gelegar kebersamaan benar-benar lengkap dengan hidangan lezat seperti itu.

Acara Welcome party dan GeTe ini dihadiri juga oleh dosen-dosen MUP dan ‘sekitarnya’. Heheheeeee. Ada Ibu Lorisma yang datang bersama Tobias yang lucu, Pak Fetrios, Bu Hetty, Bu Liyush, Pak Naryo, Pak Ede, Pak Hirsan, Bu Femmy dan Om, serta beberapa alumni tidak ketinggalan untuk ikut berpartisipasi. Acara yang dimulai dari pukul 10 pagi hingga pukul 10 malam ini menyisakan kenangan yang indah tentang kebahagiaan jika bersama.

TnT, Go    Go   ..  ..  ..



Written By : Admin MUP
Picture By : Ghani MUP III/Va (http://www.facebook.com/profile.php?id=100000845947344#!/photo.php?fbid=177881238891714&set=a.159281557418349.37470.100000095184248)

 

4 Responses to “Welcome Party n Get Together ala MUP”

  1. T n T …… Go go go . . . .
    Chayooo terus buat MUP and d crew(s)

  2. ehmmmmmmmmmmm

    Alhamdulillah

    welcome party and get together nya dapat berjalan dengan lancar

    walaupun ada kendala Hujan

    tapi itu tidak masalah dan tak menjadi Beban bagi kami sebagai panitia acara

    dan kami minta maaf atas kekurangan2 acara yang kami buat untuk acara ini.

    UNTUK MUP kami dukung 100 %

    TNT MAJU TRUSSSSSSSSSSSSSSSS

    PANTANG MUNDUR

  3. hasdungan sitompul Says:

    seeeppp lah…………


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s