Manajemen Usaha Perjalanan

Just another WordPress.com weblog

Tentang MUP-Akpar Medan Maret 8, 2010

"Gedung Rektorat Akademi Pariwisata medan"

Gedung Rektorat AKPAR Medan yang Megah

Manajemen Usaha Perjalanan merupakan sebuah program studi di Akademi Pariwisata Medan. Akademi Pariwisata Medan merupakan salah satu sekolah kedinasan di bawah naungan Departemen Kebudayaan dan Pariwisata. Akademi Pariwisata Medan yang lazim disebut AKPAR-Medan ini memiliki 2 jurusan, yaitu manajemen kepariwisataan dan manajemen perhotelan. Di jurusan manajemen kepariwisataan terdapat 2 program studi, yaitu Manajemen Usaha Perjalanan (MUP) dan Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata (MPPP).

Berbeda dengan Manajemen Perencanaan dan Pemasaran Pariwisata yang baru dibentuk tahun 2007, Prodi MUP (Manajemen Usaha Perjalanan) telah digerakkan sejak tahun 1997. Banyak alumni MUP yang telah berhasil bekerja sesuai bidangnya di industri pariwisata. Bahkan beberapa alumni bahkan berhasil berwirausaha dan menjadi owner perusahaan pariwisata besar dengan omzet yang menggiurkan.

Manajemen Usaha Perjalanan merupakan wadah pendidikan dengan sasaran mempersiapkan tenaga siap pakai yang kompetitif dan unggul. Terdapat 4 bidang kompetensi utama yang wajib dikuasai peserta didik MUP, yaitu :

1. Bidang Reservasi dan Ticketing (Domestik dan Internasional)

2. Bidang Tour Guiding

3. Bidang Tour Planning

4. Bidang MICE Management

Selain 4 kompetensi utama tersebut, peserta didik (mahasiswa) MUP juga dibekali berbagai ilmu dan pengetahuan yang menunjang.

Dalam rangka menjamin mutu lulusan, prodi MUP menerapkan sistem pendidikan teori : praktik = 50:50. Jadi terdapat keseimbangan durasi praktik dan teori sehingga diharapkan semua mahasiswa MUP benar-benar kompeten dalam bidangnya.

Hingga saat ini, level pendidikan MUP adalah Diploma-3. Jadi, peserta didik menghabiskan 3 tahun pendidikan (termasuk 6 bulan praktik lapangan). Peserta didik ini dibagi menjadi 3 tingkatan berdasarkan angkatan masuknya. Yang pertama BASIC, yaitu sebutan untuk mahasiswa tingkat dasar (tingkat 1). Kemudian mahasiswa/peserta didik tingkat 2 disebut MIDDLE. Dan UPPER merupakan istilah untuk mahasiswa tingkat akhir.

Sistem praktik diterapkan pada setiap tingkatan pendidikan dan diutamakan pada tingkatan BASIC. Semua mahasiswa basic terlibat dalam proses praktik didampingi Supervisor dan Manager. Supervisor terdiri atas beberapa mahasiswa Middle. Sedangkan yang bertugas sebagai manager adalah 2 orang mahasiswa Upper yang jadwalnya telah  diatur.

Tenaga pengajar di Manajemen Usaha Perjalanan-Akademi Pariwisata Medan terdiri atas praktisi, dosen dan staf pengajar. Syarat minimal dosen di MUP adalah S2. Dan untuk menunjang pembelajaran, hampir setiap bulan, Prodi MUP ini menggelar GUEST LECTURE dengan mengundang praktisi berpengalaman. Diharapkan dengan adanya guest lecture ini mahasiswa dapat menambah wawasannya mengenai dunia industri pariwisata.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s